Materi Pembelajaran untuk Jurusan Teknik Audio – Industri ekonomi kreatif kini menjadi salah satu industri keluaran macau yang sedang naik daun. Sebagian besar masyarakat rela merogoh kocek untuk menghibur diri, baik dengan berwisata, konser, atau menonton film di bioskop. Mendengarkan musik dan menonton film menjadi destinasi pertunjukan yang banyak dikunjungi apalagi untuk orang-orang yang tidak ingin terlalu lelah. Untuk menghasilkan kualitas tontonan yang baik tentunya dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidang ini. SMK Jurusan Teknik Audio Video menjadi salah satu wadah yang tepat dalam menghasilkan lulusan di bidang ini. Tentunya untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten ini para siswa harus mempelajari dan menguasai materi-materi inti terkait audio video. Buat kamu yang penasaran materi apa saja yang harus dikuasai oleh siswa SMK Jurusan Teknik Audio Video, kali ini Irwan, guru Jurusan Teknik Audio Video, SMKN 4 Kepahiang, Bengkulu, akan memberikan informasi terkait materi yang dipelajari oleh siswa Jurusan Teknik Audio Video.

Pada materi ini para siswa akan belajar tentang perangkat keras audio dan video, seperti konsol audio, mixer, dan peralatan pengolah video. Siswa diperkenalkan pada teknik perekaman audio video beserta editing-nya. Mereka tidak hanya mempelajari penggunaan perangkat kerasnya saja, tetapi juga mengasah keterampilan perangkat lunak editing audio video terkini.

Siswa akan belajar tentang teknik penyiaran audio dan video serta penggunaan peralatan broadcasting. Dengan materi ini, para siswa akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang teknik penyiaran langsung sekaligus menjadikan para siswa siap untuk bekerja di industri siaran dan media.

Pemahaman Dasar Audio dan Video

Materi ini terkait dengan spaceman teknik dasar audio dan video, seperti gelombang suara dan cahaya. Pada materi ini juga para siswa akan dikenalkan semua peralatan audio dan video seperti mikrofon, kamera, dan peralatan rekaman.

Teknik Perekaman Audio dan Video

Sesuai dengan materinya, para siswa akan belajar proses perekaman audio termasuk pengaturan mikrofon, mixing, dan editing audio. Selain itu, para siswa akan belajar teknik perekaman video seperti pengaturan kamera, pencahayaan, dan komposisi visual, serta belajar menggunakan perangkat lunak editing untuk penyuntingan audio dan video.

Materi maintenance dan troubleshooting menjadi fokus penting di mana siswa akan diajarkan cara merawat peralatan audio dan video. Para siswa juga dilatih untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknik yang mungkin terjadi. Pemberian materi ini bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan tidak hanya terampil dalam produksi, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam tentang pemeliharaan peralatan.

Tidak hanya 5 (lima) materi tersebut karena para siswa juga mempelajari keterampilan tambahan, seperti desain grafis, produksi konten multimedia, dan manajemen proyek. Materi tersebut bersifat dinamis disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini dan kebutuhan industri.