Jurusan Administrasi Fiskal sebagai studi pengelolaan transaksi keuangan dan anggaran yang masuk dan keluar untuk institusi publik, pemerintah, institusi pendidikan, dan entitas terkait lainnya. Administrasi fiskal khususnya berkaitan dengan penganggaran, pajak, alokasi, dan akuntansi perusahaan publik.

Semua yang mampu mempengaruhi ekonomi makro suatu negara. Kebijakan fiskal digunakan oleh pemerintah untuk mempengaruhi permintaan agregat dalam perekonomian untuk mencapai tujuan ekonomi, seperti stabilitas harga, pertumbuhan, dan lapangan kerja penuh.

Bidang Administrasi Fiskal membantu pemerintah mencapai tujuan tersebut. Di lapangan, Administrasi Fiskal meningkatkan transparansi pemerintah dengan melakukan audit terhadap belanja pemerintah dan anggaran. Dalam lingkup yang lebih luas,Administrasi Fiskal bertugas meningkatkan kualitas birokrasi, membentuk pemerintahan yang akuntabel dan responsif, serta memperbaiki kebijakan ekonomi sebuah negara.

Prospek Kerja Administrasi Fiskal

1. Pegawai Bea Cukai

Instansi pemerintahan lain yang bisa menjadi peluang kerja bagi para lulusan administrasi fiskal misalnya adalah bea cukai. Kamu bisa bekerja menjadi pegawai bea cukai, namun peluang ini akan terbuka lebar untuk Kamu yang masuk dalam sekolah ikatan dinas setelah menyelesaikan pendidikan Kamu.

2. Pegawai Pajak

Prospek pekerjaan untuk lulusan administrasi fiskal ialah untuk bekerja di kantor perpajakan dan menjadi pegawai pajak. Dengan menjadi seorang pegawai pajak, Kamu juga bisa berbakti kepada negara melalui ikatan dinas. Jadi, kenapa tidak?

Selain mengabdi pada negara, Kamu juga bisa mendapatkan karir cemerlang termasuk gaji yang lumayan besar mulai dari 5 juta rupiah. Gaji tersebut juga belum termasuk dengan berbagai tunjangan yang akan Kamu dapatkan lho!

3. Dinas Keuangan Daerah

Jika tidak di Kementerian Keuangan, Kamu juga bisa memiliki live draw sgp karir sebagai pegawai di Dinas Keuangan Daerah yang memiliki gaji menarik. Di instansi ini Kamu juga berpeluang untuk memiliki status sebagai pegawai negeri sipil.

Sebagai seorang PNS, gaji yang diberikan akan bervariasi tergantung golongan PNS Kamu. Namun setidaknya gaji jutaan telah menanti Kamu yang ingin berkarir di bidang keuangan pada instansi ini.

4. Staff Kementrian Keuangan

Sebagai lulusan dari jurusan administrasi fiskal, Kamu juga berpeluang besar untuk bekerja pada instansi pemerintahan yang khusus mengelola keuangan, misalnya di Kementerian Keuangan.

Kamu bisa menjadi staff di kementrian ini dan mengisi banyak posisi strategis dengan latar belakang ilmu yang Kamu miliki. Berdasarkan peraturan menteri keuangan terbaru, gaji para pegawai atau staff yang bekerja di Kementerian Keuangan bervariasi, mulai dari 5 juta rupiah hingga mencapai 117 juta rupiah untuk posisi-posisi tertentu. Wow!

5. Perusahaan BUMN

Peluang atau prospek kerja administrasi fiskal lainnya adalah di BUMN. Ada banyak sekali perusahaan-perusahaan BUMN yang membutuhkan tenaga ahli dari lulusan administrasi fiskal. Misalnya saja Pertamina, PLN, Bank BRi, Bank Mandiri, dan perusahaan BUMN lainnya.

Gaji para pegawai di perusahaan BUMN ini tentu saja tergantung dengan kebijakan perusahaan masing-masing, namun tentu saja gaji yang akan Kamu dapatkan akan diatas UMR, belum lagi Kamu juga masih akan mendapatkan berbagai tunjangan menarik.